Versi Baru Android M, Seperti Apa?

Informasi Teknologi

Versi Baru Android M, Seperti Apa?

Versi Baru Android M, Seperti Apa?

Versi Baru Android M, Seperti Apa?
Seperti diketahui, nama versi Android pertama hingga menyusul yang terbaru, Google selalu menggunakan inisial huruf sesuai abjad dan nama makanan pencuci mulut. Maka spekulasi mengenai hal tersebut juga bergulir hingga versi terbaru kali ini, bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa kepanjangan nama M adalah Muffin atau Marshmallow.

Meski demikian, sumber lain yang mengklaim hadir dari sumber dekat internal Google, yakni CODEC, mengungkapkan bahwa perusahaan akan menggunakan nama Macadamia Nut Cookie atau bisa disingkat dengan nama MNC.

Material Design
Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa evolusi dari perkembangan sistem operasi versi Lollipop, yakni Android M akan hadir dengan material desain yang lebih kuat. Bahkan diklaim lebih elegan dibanding cantik layaknya desain pada OS Android versi Lollipop yang ada saat ini.

Easy Interaction
Kemudahan interaksi dengan sistem operasi Android M nanti, diungkapkan akan lebih user friendly dibanding dengan Android versi di bawahnya. Salah satunya adalah kemudahan interaksi dengan fitur perintah suara, sehingga memungkinkan pengguna mengaktifkan sebuah aplikasi maupun membangunkan sistem hanya dengan suara saja.

Performa
Sistem operasi Android M diklaim akan hadir dengan performa kinerja yang lebih baik, seperti mengakses serta waktu booting yang lebih cepat. Lainnya adalah, manajemen memori RAM yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya, karena OS versi terbaru nanti akan bisa memanajemen aplikasi yang berjalan maupun default bawaan perangkat.

Sumber: techno.okezone.com

Fitur-fitur Baru Android M


Semakin lama Google selalu menyiapkan OS Android ini dengan versi yang baru, tentu pasti memiliki fitur-fitur baru yang unik. Jadi apa menurut kamu fitur-fitur baru yang unik di versi Android M ini? Inilah beberapa fitur barunya.

Permissions
Google menjelaskan mengenai fungsi dari app permission miliknya. jika biasanya ketika kamu download aplikasi atau game di Google Play Store maka ketika ingin menginstal akan ada semacam persetujuan untuk aplikasi atau game tersebut dapat mengakses apa saja dari Android kamu. Tetapi dengan sistem permission baru ini, permission hanya akan diminta ketika fitur dari aplikasi tersebut ingin digunakan.

Chrome Custom Tabs
Fitur ini ditujukan untuk developer aplikasi, Chrome Custom Tab ini berfungsi untuk menjalankan browser di dalam aplikasi. Hal ini tentu sangat berguna melihat sekarang ini user dipaksa keluar dari aplikasi untuk membuka browser untuk situasi tertentu.

Android Pay dan Sensor Fingerprint
Apple punya Apple Pay, Google punya Android Pay. Dengan menggunakan NFC dan Host Card Emulation untuk melakukan pembayaran, Android Pay ini merupakan open platform. Selain itu Google juga berusaha untuk fitur Fingerprint sensor agar bisa digunakan di Android.
Penggunaan Android Pay dan Sensor Fingerprint ini tidak berbeda dengan sistem Apple Pay dan Touch ID.

Dukungan USB Type-C
Google juga mengumumkan dukungan perangkatnya terhadap USB-C untuk Android versi terbaru.

Fitur Battery Saving Terbaru: Dozed
Android ingin mencoba menyediakan sistem yang dapat menghemat baterai secara optimal. Android M memiliki salah satu fitur dimana baterai akan dihemat penggunaannya ketika Android tidak sedang digunakan atau berstatus Idle. Fitur ini dinamakan Dozed.

Peningkatan Kontrol Volume
Pengaturan volume sekarang bisa kamu lakukan untuk masing-masing audio seperti sound level, alarm, musik dan notifikasi.

Now on Tap
Tekan dan tahan tombol Home di Android M, dan Google akan mencoba untuk membantu kamu melakukan aktifitas lain di Android kamu.

Bisa Pilih Tema Dark atau Light
Android M
Pengguna nantinya dapat memilih tema gelap atau terang. Tetapi untuk menggunakannya, pengguna harus mengaktifkan developer options terlebih dahulu. Pengguna dapat memilih dark theme atau light theme atau otomatis seperti screenshot diatas.

Sumber: Jalantikus.com
Terimakasih telah membaca artikel tentang Android , Techno dengan judul Versi Baru Android M, Seperti Apa? . Anda bisa bookmark artikel ini dengan url http://grafitianz.blogspot.com/2015/05/versi-baru-android-m-seperti-apa.html dan jangan lupa untuk menyebar luaskan artikel ini ke teman-teman bloggers yang lainnya ya :)
Saturday, May 30, 2015
6 komentar

6 komentar :

  1. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    ReplyDelete
  2. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing such informative post.

    ReplyDelete
  3. Nice info. Thanks for sharing.
    Maju terus gan.

    bole ya gan 1 comment aja :(
    http://mgmpoker99.com/

    ReplyDelete
  4. kayaknya ane masih betah di android L

    ReplyDelete
  5. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

    ReplyDelete